Beranda | Artikel
Tafsir Surat Abasa - Bagian ke-1 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Selasa, 27 Oktober 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

NB: Mohon maaf, tidak ada sesi tanya-jawab pada saat kajian ini berlangsung.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-1) – Tafsir Juz ‘Amma


[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat ‘Abasa (80)

Berikut adalah beberapa ayat dari Surat ‘Abasa yang akan dibahas tafsirnya.

Surat ‘Abasa (80): 1-42

بِسْمِ اللهِ الرَّ‌حْمَـٰنِ الرَّ‌حِيمِ

عَبَسَ وَتَوَلَّىٰ ﴿١﴾ أَن جَاءَهُ الْأَعْمَىٰ ﴿٢﴾ وَمَا يُدْرِ‌يكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّىٰ ﴿٣﴾ أَوْ يَذَّكَّرُ‌ فَتَنفَعَهُ الذِّكْرَ‌ىٰ ﴿٤﴾ أَمَّا مَنِ اسْتَغْنَىٰ ﴿٥﴾ فَأَنتَ لَهُ تَصَدَّىٰ ﴿٦﴾ وَمَا عَلَيْكَ أَلَّا يَزَّكَّىٰ ﴿٧﴾ وَأَمَّا مَن جَاءَكَ يَسْعَىٰ ﴿٨﴾ وَهُوَ يَخْشَىٰ ﴿٩﴾ فَأَنتَ عَنْهُ تَلَهَّىٰ ﴿١٠﴾ كَلَّا إِنَّهَا تَذْكِرَ‌ةٌ ﴿١١﴾ فَمَن شَاءَ ذَكَرَ‌هُ ﴿١٢﴾ فِي صُحُفٍ مُّكَرَّ‌مَةٍ ﴿١٣﴾ مَّرْ‌فُوعَةٍ مُّطَهَّرَ‌ةٍ ﴿١٤﴾ بِأَيْدِي سَفَرَ‌ةٍ ﴿١٥﴾ كِرَ‌امٍ بَرَ‌رَ‌ةٍ ﴿١٦﴾ قُتِلَ الْإِنسَانُ مَا أَكْفَرَ‌هُ ﴿١٧﴾ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ ﴿١٨﴾ مِن نُّطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَ‌هُ ﴿١٩﴾ … – ﴿عبس : ١٩﴾

“Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, (1) karena telah datang seorang buta kepadanya. (2) Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa), (3) atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya? (4) Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup, (5) maka kamu melayaninya. (6) Padahal tidak ada (celaan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman). (7) Dan adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pengajaran), (8) sedang ia takut kepada (Allah), (9) maka kamu mengabaikannya. (10) Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, (11) maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya, (12) di dalam kitab-kitab yang dimuliakan, (13) yang ditinggikan lagi disucikan, (14) di tangan para penulis (malaikat), (15) yang mulia lagi berbakti. (16) Binasalah manusia; alangkah amat sangat kekafirannya? (17) Dari apakah Allah menciptakannya? (18) Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya. (19) …” (QS ‘Abasa [80]: 1-19)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-1)

Tafsir Surat ‘Abasa

Ayat ini turun sebagai teguran untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mungkin kita pernah mendengar kisahnya, bahwa waktu itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sibuk mendakwahi para pemuka-pemuka Quraisy, seperti Abu Jahal, ‘Uthbah bin Rabi’ah, demikian pula Al-‘Abbas. Dan Rasulullah sangat berharap keIslaman mereka, para pemuka-pemuka Quraisy ini. Rupanya datanglah Ibnu Ummi Maktum yang buta, di mana ia berkata:

يا رسول الله علمني مما علمك الله

“Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya sesuatu yang Allah telah ajarkan kepada engkau.”

Melihat itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bermuka masam. Beliau pun berpaling, karena Rasulullah lebih mengharapkan keIslaman orang-orang Quraisy tersebut.

Setelah Rasulullah selesai, Rasulullah pun pulang, ternyata Allah pun turunkan ayat-ayat ini:

عَبَسَ وَتَوَلَّىٰ ﴿١﴾ أَن جَاءَهُ الْأَعْمَىٰ ﴿٢﴾ وَمَا يُدْرِ‌يكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّىٰ ﴿٣﴾ أَوْ يَذَّكَّرُ‌ فَتَنفَعَهُ الذِّكْرَ‌ىٰ ﴿٤﴾ – ﴿عبس : ١-٤﴾

“Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, (1) karena telah datang seorang buta kepadanya. (2) Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa), (3) atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya? (4)” (QS ‘Abasa [80]: 1-4)

Ini menunjukkan kalaulah Al-Qur’an itu buatan Nabi Muhammad, tentu Rasulullah tidak akan sampaikan ayat ini. Ayat ini sentilan / teguran untuk Rasul, tapi Rasulullah sampaikan kepada umatnya. Ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an memang dari sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Silakan simak dan download ceramah ini, Tafsir Surat ‘Abasa.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat ‘Abasa (Bagian ke-1)

Share ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin banyak Muslimin yang memperoleh manfaatnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16920-tafsir-surat-abasa-bagian-1-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/